Tugas 6 [Andreansyah] : Poin Penting Kemampuan AI 7B21

Comon Tech - Salah satu contoh dari AI adalah teknologi DeepFace yang dimiliki oleh Facebook. AI ini berfungsi untuk mengenali wajah orang yang ada pada postingan foto. Dengan teknologi ini, kamu tidak perlu lagi menandai seseorang yang ada pada foto secara manual, karena AI ini yang akan melakukannya.

Comon Tech

Mungkin kamu bertanya-tanya, dari mana AI itu mengetahui bahwa orang yang ada pada foto tersebut adalah kamu? Perlu kamu ketahui bahwa sebelum AI dapat mengidentifikasi bahwa orang di foto itu adalah kamu, AI akan dilatih berdasarkan data. Datanya didapatkan saat kamu menandai orang di foto sebelumnya dan dari hasil saran AI terhadap orang yang ada di foto yang kamu setujui. Setelah AI berlatih dan memiliki banyak data maka AI nantinya akan dapat mengidentifikasi seseorang yang ada di foto.

Tiga Point Penting Kemampuan AI :

  • Learning
  • Reasoning 
  • Self Correction

LEARNING

AI perlu belajar untuk memperkaya pengetahuannya. Proses belajar AI pun tidak selalu disuruh oleh manusia, melainkan AI akan belajar dengan sendirinya berdasarkan pengalaman AI saat digunakan oleh manusia. AI bekerja dengan menggabungkan sejumlah besar data dengan cepat, pengolahan berulang, dan algoritma cerdas, memungkinkan perangkat lunak untuk belajar secara otomatis dari pola atau fitur dalam data. 

kemampuan AI ini yang dapat melakukan pembelajaran yang mendalam menggunakan jaringan neural yang sangat besar dengan banyak lapisan unit pemrosesan, memanfaatkan kemajuan dalam daya komputasi, dan meningkatkan teknik pelatihan guna mempelajari pola kompleks dalam sejumlah besar data. Penerapan umumnya mencakup pengenalan gambar dan ujaran.

Dalam belajar melakukan pemrosesan AI juga dapat menganalisis, memahami dan menghasilkan bahasa manusia termasuk percakapan. AI juga dapat belajar mengenali pola yang ada dalam foto atau video. secara nyata AI dapat menafsirkan keadaan sekitar secara real time.

REASONING

Dalam hal ini AI memiliki kemampuan berfikir mengambil keputusan secara rasional, dengan menganalisa hasil belajarnya. bisa dibilang menganilisi pembelajaran secara dalam yang dilakukan oleh AI ini dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat dan rasional. AI membutuhkan data untuk dijadikan pengetahuan dan AI sendiri membutuhkan pengalaman dan data agar kemampuan kecerdasannya dapat berkembang lebih baik lagi.

SELF CORRECTION

 Hal yang cukup menarik dari AI adalah ia mampu melakukan self correction atau mengoreksi diri sendiri.Seperti yang diketahuin secanggih - canggih nya suatu mesin atau bahkan AI itu sendiri pasti akan melakukan kesalahan atau ada beberapa kesalahan di beberapa titik. meski begitu AI tidak terlalu banyak dalam melakukan kesalaha atau kesalahan dalam proses maupun solusinya, AI akan selalu mencoba untuk mengkoreksi diri dan peningkatan diri untuk AI itu sendiri.

Secara garis besar sebuah kecerdasan buatan dapat melakukan salah satu dari keempat faktor berikut :

  1. Acting humanly, sistem yang dapat bertindak layaknya manusia.
  2. Thinking humanly, sistem yang bisa berpikir seperti halnya manusia.
  3. Think rationally, sistem yang mampu berpikir secara rasional.
  4. Act rationally, sistem yang mampu bertindak secara rasional.

Sumber : Uhamka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel