Tuntunan Shalat Sunah Hajat Dan Bacaan Lengkap

Comon Tech - Dalam agama, di ajarkan ketika seseorang hamba mempunyai hajat dalam hidupnya. Maka, ia berhak memohon dan meminta kepada Tuhannya untuk mengabulkannya. Memohon kepada Allah  SWT dalam beribadah dapat berupa suatu ucapan atau doa, boleh pula dalam bentuk sholat. Para sahabat dalam masanya sering mencontohkan mengerjakan sholat hajat meski dengan hajat kecil sekalipun. 

Comon Tech

Hali ini di ajarkan oleh Rasullulah melalui suatu riwayat Rasullullah SAW bersabda : 

لِيَسْاَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَجَتَهُ حَتَّى يَسْاَلَهُ الْمِلْحَ وَحَتَّى يَسْاَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَاانْقَطَعَ

Artinya : "Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Allah, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sendalnya ketika putus." (HR. Tirmidzi; Hasan)

Niat Sholat Hajat Sebagai Berikut :

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

" Usholli Sunnatal-Haajati Rok'atayni Lillahita'aala."

Artinya : " Saya berniat shollat sunnah dua roka'at karena Allah Ta'aala."

Tata Cara Sholat Hajat Secara Lengkap

Rasullullah senantiasa mencontohkan para sahabat untuk meminta dan memohon kepada Allah SWT. Hanya Allah yang mampu memenuhi dan mencukupi hajat dan kebutuhan para hambanya-Nya. Tetapi jika dirasa memiliki hajat yang cukup pentng semisal pernikahan, membangun rumah, jenis perkerjaan. Maka, Rasullullah mengajarkan kepada umatnya melalu sholat sunnah hajat.

Tata Cara Sholat Hajat Pada Rakaat Pertama 

Setelah Al - Fatihah, di lanjutkan dengan membaca salah satu surat dalam AL-Qur'an. Surat yang dibaca bebas. Di utamakan membaca surat Al-Kaafrun sebanyak 3 kali.


Tata Cara Sholat Hajat Pada Rakaat Kedua

Setelah Al - Fatihah, di lanjutkan dengan membaca salah satu surat dalam AL-Qur'an. Surat yang dibaca bebas. Di utamakan membaca surat Al - Ikhlas sebanyak 3 kali.

Berikut urutan bacaan yang di baca ketika sujud setelah salam pada sholat hajat.

1. Saat Melakukan Sujud ini kita membaca sebagai berikut :

سُبْحَانَ اللَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ

Artinya : " Maha Suci bagi Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu Tuhan pun yang di sembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar" 
di baca sebanyak (10x) 

2. Setelah itu kita membaca sebagai berikut :

اَللَّهُمَّ صَلِّى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةَ الرِّضَا وَارْضَ عَنْ اَصْحَابِ الرِّضَاالرِّضَا

Artinya :"Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, Kesejahteraan yang di ridhoi dan ridhilah dari pada sahabat sekalian".

Waktu Pelaksanaan Dan Jumlah Rakaat

Sholat hajat utama di tunaikan di malam hari seperti sholat tahajud. Namun, sholat hajat merupakan sholat sunnah yang bisa di kerjakan sepnajang waktu kecuali pada waktu terlarang di lakukan sholat.


Waktu Terlarang Tersebut Di Antaranya Sebagai Berikut : 

Dari sholat shubuh hingga terbit matahari terbit. Dari matahari terbit hingga matahari meninggi ( kira -kiranya 15 menit setelah matahari terbit). Ketika Matahari di atas kepala tidak condong ke timur atau ke barat hingga mataharu tergelincir ke barat. Dari sholat ashar hingga mulai tenggelam. Dari Matahari mulai tenggelam hingga tenggelam sempurna. Mengenai jumlah rakaat dalam sholat hajat, di jelaskan melalui kitab Ihya Ulumuddin Karya Al-Ghazhalli, Imam Gazhali menyatakan bahwa sholat hajat bisa di kerjakan sebanyak 2 rakaat hingga 12 Rakaat.

Doa Sholat Hajat Dan Bacaan Lengkapnya


1. Membaca Istighfar

Dalam Kitab Tajul Jamil-lil-ushul di anjurkan membaca istighfar sebanyak (100x), yaitu :

أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم و أتوب إليه

Artinya : "Aku Memohon ampuna kepada ALLAH Tuhanku, dari dosa-dosa dan aku bertaubat kepada-Mu"

2.  Membaca Sholawat Nabi

Selesai membaca Istighfar di lanjutkan kembali dengan membaca sholawata sebanyaj kepada Nabi Muhamad Shollallahu 'Alayhi Wasallam sebanyak 100x kali, adapun bacaannya sebagai berikut :

اَللَّهُمَّ صَلِّى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةَ الرِّضَا وَارْضَ عَنْ اَصْحَابِ الرِّضَاالرِّضَا

Artinya : "Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, Kesejahteraan yang di ridhoi dan ridhilah dari pada sahabat sekalian".

3. Membaca Doa Sholat Hajat

Setelah Membaca Sholawat keatas Nabi Muhammad Shollallahu 'Allayhi Wasallam sebabnyak 100 kali, barulah membaca doa sholat hajat. Adapun doanya sebagaiman berikut:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الحَلِيمُ الكَرِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَلِيُّ العَظِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ. سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. أَسْئَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَ عَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَ الْغَنِيْمَةِ مِنْ كُلِّ بِـرٍّ وَ السَّلاَمَةِ مِنْ كُلَّ إِثْمٍ. لاَ تَدَعْ لَنَا ذَنْبـًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَ لاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَ لاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَـا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul 'arsyil 'azhiim. Alhamdu lillaahi robbil 'aalamiin. As 'aluka muujibaati rohmatika wa 'azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada' lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya: "Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel