Penempatan Iklan Adsense di BLOG/WEB yang Efektif dan Berhasil
Sunday, June 16, 2019
Edit
Comon Tech - Ketika memutuskan apakah akan memasukkan Adsense ke situs
web Anda, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Banyak yang merasa
bahwa itu mengurangi merek mereka, sementara yang lain melihatnya sebagai alat
yang berguna bagi pengunjung yang menghasilkan pendapatan dan membuat konten
mereka menguntungkan.
Pilihannya sebagian besar dapat mengarah pada tujuan
komersial dan tujuan situs web Anda. Banyak bisnis yang menjual produk
memutuskan untuk menempatkan iklan Adsense di dalam situs web mereka. Ini
kelihatannya menjadi pilihan aneh, membuka peluang bagi pesaing untuk
mempromosikan layanan atau produk mereka ke basis pelanggan potensial Anda.
Banyak penerbit mengklaim bahwa mereka hanya melakukan ini
untuk memungkinkan perusahaan yang menyediakan layanan tambahan untuk beriklan.
Klaim ini memiliki beberapa kelebihan, karena mereka yang misalnya menjual
bantal dapat memberikan kesempatan kepada mereka yang menjual tempat tidur
untuk beriklan.
Penempatan Iklan Adsense di BLOG/WEB
Meskipun ini masuk akal, masih ada yang
memungkinkan saingan untuk menembus audiens mereka. Banyak yang mengklaim bahwa
masih ada manfaat dalam memungkinkan pesaing langsung Anda beriklan di situs
web Anda. Salah satunya adalah bahwa pada akhirnya jika pengunjung ingin
melihat pesaing Anda, mereka akan dapat melihatnya melalui pencarian Google.
Ini mungkin benar namun pemikiran tentang merek mapan seperti coco-cola yang
memiliki iklan Pepsi di situs web mereka bahkan tidak mungkin. penempatany iklan aadsense dengan tepat yang efektif sebagi berikut :
1. Penempatan iklan link tautan Adsense tepat dibawah judul artikel
Iklan ini baru satu hari saya pasang untuk menggantikan posisi iklan billboard besar dan iklan yang melayang kiri dan kanan. Hasilnya di luar dugaan setelah saya cek tadi malam betapa kaget penghasilan Adsense meningkat 2 kali lipat. Itu pengaruh karena nilai CPC naik dan jumlah klik juga bertambah sekitar 20%. Tampilannyapun menggangu karena di atas gambar utama postingan tapi karena hasilnya beda maka posisi ini akan tetap saya pertahankan.
2. Penempatan iklan Adsense di atas judul blog
Header adalah posisi paling atas sebuah blog. Jika kita pasang iklanya maka posisinya di samping judul dan description blog. Saat dilihat menggunakan komputer atau desktop tampilannya cukup bagus tetapi jika kita lihat menggunakan handphone tampilannya kurang menarik karena ukurannya menjadi kecil dan nempel di bawah judul blog. Tampilan itulah yang menggangu tapi demi CPC yang tinggi saya tetap rela memasangnya. Silahkan anda pilih jenis iklan Gambar dan Teks yang Responsive.
3. Penempatan Iklan Adsense di Akhir Postingan Blog
Setelah mengamati beberapa gerak gerik pengunjung bahwa mereka cendrung akan melakukan tindakan setelah selesai membaca artikel tersebut. Mengapa saya sandingkan antara Iklan Link Tautan dengan Iklan In-Feed Ads, Disaat pengunjung selesai membaca artikel maka fokus mata tertuju kepada apa saja yang ada di akhir kalimat. Jadi saya buat bersanding supaya Pengunjung bisa memilih Iklan yang di inginkan. dan ini sangat cocok bagi para kalangan blogger.
4. Memasang Iklan Mached Content
Untuk iklan yang ada di Mached Content ini tidak saya rekomendasikan untuk di aktifkan karena nilai BPKnya cukup kecil. Terkadang bisa di bawah Rp.100 tetapi terkadang besar juga. Untuk sobat yang memiliki trafik pengunjung yang cukup banyak bisa di aktifkan karena bisa membantu menaikkan CTR (Click Through Rate atau dalam bahasa Indonesia Rasio Klik per Tayang). Walaupun kecil jika jumlah kliknya banyak kan lumayan.
5. Iklan ukuran 300 × 600 disamping postingan Blog
Membuat sticky iklan adsense di samping blog dengan ukuran 300 x 600 ini cukup popular. Hampir setiap blog memasang iklan ukuran tersebut karena tampilan iklannya cukup menarik. Terlebih lagi jika blog tersebut ada artikel yang membahas tentang game. Lihat saja iklan yang tampil cukup keren. Nah untuk iklan ini saya anggap biasa saja hasilnya tapi bisa mempercantik tampilan blog. Tetapi akan menarik perhatian pengunjung yang menggunakan Desktop karna iklan ini akan terus terlihat walaupun artikel di scroll kebawah.
Faktor lain yang dipertimbangkan dalam situasi ini adalah
bahwa penerbit tidak merasa bahwa Adsense efektif dalam membuat konversi.
Mereka merasa bahwa pengunjung yang mengklik iklan bukan pelanggan yang sangat
berkualitas, karena mereka akan dengan cepat menavigasi ke materi atau produk
yang menarik bagi mereka jika mereka.
Baca juga :
- Tips Sukses Di Google Adsense Dengan Cepat
- Panduan Konten atau Pencarian Google PPC
- Pengertian dan Manfaat Google Adsense
Meskipun Adsense menjadi pilihan yang dipertanyakan bagi
pengecer online, itu pasti layanan tambahan yang baik untuk jenis penerbit
online lainnya. Misalnya, situs web yang menyediakan layanan gratis seperti
dictionary.com mendapatkan tingkat lalu lintas yang tinggi, dan dapat membuat
layanan mereka menguntungkan melalui adsense. Ini telah menjadi kasus bagi
Blogger yang awalnya menyediakan konten gratis, karena tidak dapat mencapai
skala yang diperlukan untuk kontrak dengan pengiklan secara langsung.
Memahami dan Mengenal Adsense Pada Masanya
Ini juga dapat berlaku untuk layanan lain yang sebelumnya
gratis, termasuk bentuk penyiaran informasi yang lebih luas, dan berita
misalnya. Pada tahun 2018-2019 seorang pria yang kemudian menerbitkan Video pilihan
mengklaim menghasilkan $ 19.000 per bulan melalui adsense, mengklaim bahwa ia
juga dihubungi melalui Google untuk membantunya meningkatkan RKPT (Click
Through Rate) yang ia raih. Pikiran kesuksesan seperti ini telah menjadi faktor
utama intuk memilih Adsense.
Banyak penerbit juga mengklaim bahwa adsense membuat situs web
mereka terlihat lebih profesional. Mereka yang dapat membuat kontrak dengan
pengiklan pada umumnya terlihat memberikan layanan dengan daya tarik besar, dan
oleh karena itu mereka yang tidak terbiasa dengan program ini mungkin merasa
bahwa pengiklan Adsense berada dalam posisi ini.
Namun Adsense, juga disejajarkan dengan penerbit yang
menggunakan layanan murni untuk memberikan tautan ke iklan. Setiap orang telah
melakukan pencarian Google, mengklik iklan Adwords dan masuk ke situs web yang
bertuliskan sepuluh sumber daya teratas. Ini adalah masalah besar, seperti
umumnya sesuatu yang membuat para peselancar merasa frustrasi. Jika orang
melihat bahwa dikatakan iklan oleh Google, dan mereka kemudian melihat iklan
oleh Google di situs lain, mereka dapat menyelaraskan situs itu dengan praktik
tidak ramah konsumen. Karenanya ini adalah masalah yang harus Google atasi,
untuk mempertahankan Adsense sebagai layanan yang memiliki reputasi baik.
Terlepas dari kekurangan dan situs web yang layanannya
mungkin tidak pantas, itu masih merupakan alat yang berguna bagi pengunjung
situs web. Mereka yang mengunjungi situs web, dan mengklik tautan memberikan
pendapatan bagi penerbit, sementara mereka yang menyediakan layanan gratis
dapat menghasilkan pendapatan.
Satu-satunya ketakutan yang dimiliki Google, adalah bahwa
program saingan PPC menawarkan penawaran yang lebih baik kepada penerbit dan
mereka memutuskan untuk pergi ke tempat lain, sehingga membawa pengiklan
bersama mereka. Namun, pada akhirnya yang terbaik bagi pengiklan dan penerbit
jika mereka sebagian besar tetap di sirkuit PPC yang sama.